Pengertian,Keamanan dan Kegunaan FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Keamanan FTP

FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang
dikirim terlebih dahulu di enkripsi.

Pengertian FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file
dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam
FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan
layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila
mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar
file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename,
men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Keamanan FTP

FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa
di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data
adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP menggunakan mode ASCII dalam
transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer,
maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol
analyzer (sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang
dikirim terlebih dahulu di enkripsi.

Pengertian FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP terdiri dari sebuah client dan sebuah server yang merupakan aplikasi yang memberikan akses /pertukaran transfer data antara dua komputer ( client dan server ). Transfer yang file/ data ini dapat teradi antara komputer yang berbentuk mainframe dan sebuah komputer di jaringan lokal. Atau transfer data dapat terjadi dari komputer kita ke server FTP melalui internet. FTP merupakan aplikasi yang sangat berguna ( powerful) karena aplikasi ini menyediakan akses kepada pengunjung atau user untuk mengakses data yang tersimpan pada server tersebut, dan dapat diakses oleh sejumlah besar komputer secara bersamaan.

Proses yang terjadi pada FTP

Secara garis besar, Proses transfer data atau file pada FTP memiliki dua alur.

Alur yang pertama adalah proses transfer data dari komputer local ( komputer kita ) ke komputer server (komputer remote) yang menyediakan akses ftp, Proses ini di kenal sebagai proses UPLOAD, sedangkan proses transfer data dari komputer server ( remote ke komputer local ( komputer kita ) dinamakan prosess DOWNLOAD.

Di bawah ini adalah alur nya :

Fungsi atau kegunaan dari FTP ( file Transfer Protocol ) adalah sebagai protocol atau media untuk melakukan proses mengambil data atau dengan istilah Download maupun untuk mengirim data / file yang biasa disebut Upload.
Dalam proses download maupun Upload baik dengan FTP ( File Transfer Protocol ) atau yang lainnya, kita harus memperhatikan ukuran-ukuran yang nantinya akan kita transfer.
Paket bandwidth yang disediakan CHANNEL-11 mempunyai rasio upload download. Dimana saat ini rasio yang dipakai adalah 1 : 2. Pengertian dari rasio ini adalah sebagai berikut :
Jika user mengambil paket 64 kbps, maka 25% akan dipakai upload yaitu 16 kbps. Dengan rasio 1 : 2 maka user akan mendapatkan :
Maks D/L(kbps) Guarantee D/L (kbps) Maks U/L (kbps) Guarantee U/L (kbps)
64 64/2=32 16 16/2=8

Besar bandwidth Guarantee D/L secara umum akan tercapai, jika bandwidth Download channel-11 terpakai penuh (hal ini jarang terjadi). Traffic besar umumnya terjadi pada sisi upload yg disebabkan oleh proses pengiriman email dan ftp atau peralatan webcam dari client. Puncak traffic biasanya terjadi antara pukul 10 sampai 14 siang. Diharapkan client untuk melakukan proses pengiriman email dan ftp yg cukup besar diluar waktu tersebut.
CHANNEL-11 juga memberlakukan sistem QUOTA untuk setiap paketnya. Dimana quoata tersebut adalah merupakan batasan total data yang dikirim ataupun diterima user per bulannya. Jika melewati quota maka akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan paket yang dipilih. Hal ini bertujuan agar kita menggunakan internet dengan sebaik – baiknya.
Dengan perkembangan saat ini kita sudah dapat melakukan segala apapun dengan praktis dan mudah.
Aplikasi untuk mentransfer file ( download atau upload ) telah ada dan mudah untuk digunakan. Aplikasi tersebut adalah turboFTP.
TurboFTP adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk melakukan pemindahan / transfer (baik upload atau download) dari satu atau lebih file (dokumen) antara sebuah komputer dan sebarang server FTP. TurboFTP bukanlah suatu aplikasi untuk sistem operasi Microsoft Windows 9x/Me/NT/2000/XP yang bersifat gratis, namun tersedia versi trial yang bisa diperoleh secara bebas untuk masa penggunaan yang terbatas. Informasi lebih lengkap, baik untuk memperoleh aplikasi ini maupun keterangan lain tentang aplikasi ini bisa dilihat dari web site TurboFTP yang ada di alamat http://www.turboftp.com/. Adapun versi dari aplikasi TurboFTP yang dijadikan bahan acuan di tulisan ini adalah versi 3.85 build 298.
Didalam Software aplikasi TurboFTP memiliki banyak fitur yang sangat mendukung dalam proses pemindahan / transfer (baik upload atau download) data. Diantaranya yaitu :
1. Folder Synchronizer, untuk membantu proses sinkronisasi file dan direktori dengan sesedikit-mungkin klik mouse.
2. MD4/MD5 Password Encryption, untuk menjaga keamanan informasi login.
3. FTP Connection Wizzard, untuk kemudahan koneksi ke server FTP.
4. Session, untuk menyimpan informasi sesi suatu koneksi dengan server FTP.
5. Mekanisme Anti-Idle, untuk menjaga koneksi dengan server FTP tetap aktif.
6. Penghapusan direktori dan sub-direktori di server FTP secara rekursif.
7. Clipboard URL Auto-detect, untuk deteksi otomatis suatu alamat URL server FTP (dimulai dengan ftp://) pada clipboard Windows ® sehingga TurboFTP akan secara langsung mencoba untuk berhubungan dengan server FTP tersebut untuk melakukan download file.
8. History, untuk menyimpan informasi server-server FTP yang baru dikunjungi.
9. Size Reporting, untuk menampilkan informasi ukuran total serta jumlah dari file dalam suatu direktori beserta sub-direktori didalamnya.
10. Kemampuan untuk melakukan download atau upload file yang terbaru saja.
11. Auto Hang-up/Shutdown, untuk otomatisasi pemutusan koneksi internet ataupun mematikan komputer setelah proses download atau upload selesai.
12. Transfer Speed Limit, digunakan untuk membatasi kecepatan transfer data saat proses upload maupun download file. Ini berguna saat diperlukan pembagian jatah bandwidth koneksi internet untuk FTP dan browsing.
13. File Queue, sistem antrian untuk transfer file dari/ke lebih dari satu server FTP.
14. Auto-Dial, dengan dukungan terhadap protokol EAP (Extensible Authentication Protocol). Berguna apabila koneksi internet menggunakan model dial-up, TurboFTP secara otomatis dapat melakukan koneksi internet dan melakukan proses yang telah dijadwalkan sebelumnya.
15. Firewall Support, apabila komputer yang digunakan untuk koneksi ke server FTP berada dalam jaringan komputer yang terlindungi oleh firewall atau mengunakan proxy. Dalam kondisi ini TurboFTP akan selalu menggunakan mode “PASV” saat berkomunikasi dengan server FTP, namun mode “PASV” ini dapat pula di non-aktifkan untuk koneksi ke suatu server FTP yang diinginkan.
16. Multilingual, dukungan terhadap beberapa bahasa untuk kemudahan pengguna.
TurboFTP memiliki banyak fitur yang menarik dan sangat membantu untuk melakukan tugas-tugas FTP bagi pengelola web site, terlebih untuk web site statis yang hanya menggunakan HTML saja. Mulai dari proses upload file hingga sinkronisasi data dapat dilakukan secara otomatis. Bahkan semua proses tersebut dapat dilakukan saat selesai jam kantor karena TurboFTP memiliki fitur Scheduler dan fitur Auto Shutdown yang secara otomatis dapat mematikan komputer setelah aplikasi ini selesai bekerja.

Drag and Drop
TurboFTP mendukung fitur “drag and drop” baik untuk upload maupun download file. Pengguna tinggal memilih file atau direktori yang akan di-upload maupun yang akan di-download dari panel browser yang ada dan memindahkannya ke panel browser yang ada disebelahnya, maka secara otomatis file atau direktori tersebut akan dimasukkan dalam daftar antrian untuk pemrosesan selanjutnya.

Enkripsi Data
Keamanan komunikasi data menggunakan metode enkripsi juga didukung oleh aplikasi ini. TurboFTP mendukung enkripsi password menggunakan metode MD4 dan MD5 dan untuk keamanan komunikasi data antara komputer lokal dengan server FTP aplikasi ini mendukung digunakannya metode koneksi SSL dan TLS.

Connection Wizard
Tersedia fasilitas wizard bagi pengguna pemula yang belum terbiasa dengan pengaturan koneksi ke suatu server FTP. Pengguna tingga memasukkan informasi-informasi yang diminta dan fasilitas wizard ini akan menyelesaikan sisanya sehingga pengguna tidak perlu dipusingkan dengan cara-cara koneksi ke server FTP.

Address Book Backup
Fasilitas untuk membuat data cadangan bagi daftar alamat server FTP yang telah dibuat agar sewaktu terdapat masalah pengguna tidak perlu melakukan penulisan ulang untuk alamat-alamat server FTP yang sudah disimpannya. Fasilitas ini juga dapat digunakan untuk memindahkan daftar alamat dari satu komputer ke komputer lain.
Otomatisasi Kerja
Dengan fitur scheduler pengguna dapat melakukan otomatisasi kerja dari aplikasi ini, baik untuk upload data maupun download data sesuai waktu yang diinginkan. Aplikasi ini juga dapat memberitahukan pengguna melalui email apabila proses yang telah dijadwalkan tersebut sudah selesai dikerjakan. Tersedia fasilitas wizard untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pengaturan penjadwalan proses.

File Filtering
Fitur filter ini dapat memudahkan pengguna untuk menampilkan hanya file dengan ekstensi tertentu saja yang ditampilkan oleh panel browser.

Multiple Window
Pengguna dapat melakukan koneksi ke beberapa server FTP sekaligus pada saat yang bersamaan menggunakan jendela-jendela yang terpisah sehingga pekerjaan transfer file dapat lebih cepat selesai.

Multiple Language
TurboFTP mendukung beberapa bahasa selain bahasa Inggris sehingga dapat membantu pengguna yang memiliki kendala bahasa dalam menggunakan aplikasi ini. Dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, tentunya aplikasi TurboFTP ini dapat dijadikan pilihan untuk membantu kelancaran pekerjaan seorang pengelola web site.
Selain TurboFTP masih banyak juga suatu Software Aplikasi transfer file untuk upload dan download.
File Transfer Protocol adalah media untuk mentransfer data atau file (upload dan download). Fungsi atau kegunaan dari FTP ( file Transfer Protocol ) adalah sebagai protocol atau media untuk melakukan proses mengambil data atau dengan istilah Download maupun untuk mengirim data / file

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: